Welcome to Bibit Lengkeng Impian

Di sini Anda mendapatkan varietas-varietas lengkeng super jos yang baru dan selalu terup date dan terbaik. Sehingga tak heran harga kami memang sedikit mahal, namun jelas kami menjamin ketepatan indukkan lengkeng kami yang berasal dari indukkan jawara di lab Thailand sono, bukan perbaikan dari negara lain dan lewat uji coba yang lama.
Yang sebagian besar merupakan seleksi lengkeng-lengkeng TOP introduksi generasi zaman now terbaru yaitu lengkeng-lengkeng generasi 3, seperti andalan saya Lengkeng Kristal 2 yang top markotop!! Dimana dari segi kualitas (daging tebel, kering, manis 22-24 briks, biji kecil.) maupun kuantitas (5 Kg per dompol) produksi buahnya begitu dahsyat "bikin geger" dan hampir sempurna untuk sebuah lengkeng yang meninggalkan jauh lengkeng dataran rendah generasi 1 (lengkeng hias) maupun 2 yang telah mengecewakan kita, seperti: Diamond River, Itoh, Aroma Durian, Kristalin, Puang Ray atau Pingpong. Terima kasih

Smiley face

Friday, 15 May 2020

LENGKENG MATALADA (HAWAI) - Yang Tersisa dari Bibit Lengkeng HIAS Dataran Rendah

No comments:
Sekali lagi saya harus ngomong keras untuk menghentikan penanaman besar-besaran bibit lengkeng hias dataran rendah seperti bibit lengkeng Pinpong, bibit lengkeng Diamond River, bibit lengkeng Kristalin, bibit lengkeng Puang Rai, dan yang sejenisnya....apalagi itu berhubungan dengan proyek bibit lengkeng pemerintah. Kasihan sekali rakyat yang menerima bantuan proyek bibit lengkeng itu! Setelah beberapa tahun mereka hanya mendapatkan buah lengkeng yang tipis dagng buahnya, biji gede, berair dan manisnya cuma 16 briks doang! Jelas nggak enak untuk dimakan apalagi dijual!! Tolong sadar lah......

Terus terang masuknya bibit lengkeng hias itu kita anggap sebagai pengalaman pahit saja....terus terang kita kayak ditipu orang-orang Thailand dengan maksud supaya kita nggak nanam bibit lengkeng kebun seperti lengkeng Itoh yang waktu itu masih termasuk lengkeng buah yang bagus dan kita impor buah dari mereka. Kita dibikin terbengong-bengong waktu itu....bagaimana bibit lengkeng bisa tumbuh dan berbuah di dataran rendah. Kita khilaf, nggak ngitung bagaimana BEPnya....yah kita kecolongan.
Saya sendiri termasuk orang yang pernah mengalami keghagalan berkebun dari bibit lengkeng hias ini....namun saya menerimanya sebagai penglaman budidaya lengkeng aja! Sehingga ketika bibit lengkeng super unggul seperti lengkeng Kristal 2 masuk ke Indonesia lewat jalan yang tidak resmi.....saya sudah tahu bagaimana cara merawat atau budidayanya. Saya nggak gumunan lagi!
Cuma ya jangan terus menanam bibit lengkeng HIAS dataran rendahnya ini......rugi jangan diterus-teruskan!

Saya juga menghimbau kepada pedagang keliling bibit buah yang menjual bibit lengkeng hias ini dengan omong besarnya....bahwa akan didapat keuntungan yang besar dari bibit lengkeng hias tersebut. Apalagi bawa-bawa foto saya segala. Tak aneh foto saya yang berlatar belakang pohon lengkeng Kristal 2 yang berbuah banyak sudah dibawa sama pedagang keliling bibit lengkeng dari Sabang sampai Merauke, sayangnya bibit lengkeng yang dibawa adalah bibit lengkeng hias...duh apa sqmpeyan nggak takut dosa. Nyari makan untuk anak istri kok dengan cara tidak halal gitu??

Banyak yang protes dengan kata-kata keras saya di atas yang dianggap menyerang bibit lengkeng hias dagangan mereka. Saya nggak nyerang.....cobalah untuk jujur dan katakan bahwa itu cuma lengkeng hias dan tak lebih!
Trus banyak yang nanya keras lagi....apa nggak ada dari bibit lengkeng hias itu yang baik?! Saya pun menjawab: ada sich dan lengkeng itu adalah lengkeng Matalada atau lengkeng Hawai yang warna putih itu buahnya dan lengkeng Merah meski keduanya pun tidak bisa dimasukkan ke dalam lengkeng buah atau lengkeng kebun.
Kenapa?
Karena keduanya masih banyak kelemahan. Misal lengkeng Matalada meski punya biji kecil namun daging buahnya juga tidak tebel amat. Apalagi kemanisannya juga cuman 18 briks. Sayang kan?
Sedang kan lengkeng merah justru lebih condong banget ke hiasnya karena warna merah di daun dan buahnya. Sedangkan bijinya masih gede gitu.....ya kan?
Keduanya adalah lengkeng-lengkeng tersisa dari kejayaan lengkeng hias dataran rendah!

Ayolah kita mesti bersama-sama menghentikan penaanaman bibit lengkeng hias dalam skala kebun. STOP!!Produksi bibit buah lengkeng hias juga harus dikurangi, tidak bisa tidak. Mari kita galakan penamanan lengkeng kebun dalam skala besar seperti lengkeng Kristal 2.....kita masih punya jutaan hektar tanah subur yang kosong...bahkan di Jawa sekalipun.
Jelas lengkeng ini yang akan memberi keuntungan yang sangat besar bagi pekebun lengkeng, bukan lengkeng hias! Cek aja analisa BEP dalam menanam lengkeng kebun Kristal 2: https://bibitlengkengimpian.blogspot.com/2017/05/analisa-sederhana-budidaya-lengkeng_42.html#.Xr5STWgzbIV

Ayo kita harus realistis.....kenapa masih menggeluti lengkeng yang merugikan kalo ada lengkeng yang MENGUNTUNGKAN bagi pekebun lengkeng ini! Salam pekebun lengkeng Indonesia!


Ungaran, 15 Mei 2020

Penuilis:
SulisMono






Continue Reading...

Wednesday, 17 July 2019

HANYA PUPUK PERANGSANG BUAH LENGKENG AJA | Sedia BIBIT KELENGKENG NEW KRISTAL

No comments:

Alhamdulillah. (Maaf, ini menjawab secara khusus pernyataan mas Antok Mangesthi yang banyak di channel YouTube saya yang bersifat menyerang - sebagian sudah dihapus). Bukan berarti saya baperan, inilah CARA PANDANG yang mesti kita kuasai....yaitu memandang dari segi yang baik-baik saja. Saya selalu memandang bahwa lengkeng atau kelengkeng bisa berbuah di DATARAN RENDAH adalah anugrah yang dahsyat dari Allah untuk kita. KEAJAIBAN!!! Sungguh, dulu waktu saya kecil (saya sudah nanam bibit lengkeng di kebun bapak) hal itu tak terbayangkan bisa TERJADI!!! Bahkan hal itu pun disimpan lama oleh penemunya untuk tidak disebarkan ke kita. Bayangkan.....kita baru tahu itu saat milenium berganti yaitu baru di awal tahun 2000, betapa lamanya kita BUTA terhadap teknologi ini. Yang serunya lagi: PANEN BUAH LENGKENGnya bisa diatur seenak kita seperti anggur dengan teknologi pangkasannya! Woww banget pokoknya!!!

Tadinya saya beranggapan ini seperti Booster atas penggunaan Paklobutrazol pada tanaman durian dan mangga......ternyata berbeda. Ini bukan Booster. Kayaknya ini hanya unsur pupuk buah yang bisa merangsang buah seperti halnya NPK buah di perkebunan. Dan kagetnya lagi saya; ini ternyata NPK jugak, hanya saja Knya diganti...bukan lagi K dari KCl seperti biasa tapi K yang diambil dari KClO3 atau ada ditambah yang juga dari KNO3. Ok.....jadi beda.

Banyak orang termasuk pekebun/ pembibit lengkeng yang mengira bahwa KClO3 adalah booster bukan pupuk. Ini membuat orang takut atau malas memakainya! Sayang kan?

Dalam ratusan tulisan saya sebelumnya di blog maupun media sosial lainnya, tak satu pun saya menyebut sebagai booster. Karena gara2 kata booster ini seorang petani di Gunung Pati sampek membabat 52 lengkeng Itoh serie 8-nya yang udah gede, dia merasa rugi karena harus membooster. Payahkan? Tragis bener kan? Setelah saya jungkir balikkan cara berpikirnya bahwa itu pupuk....sekarang dia mulai menanam bibit lengkeng super lagi. Saya jelaskan panjang lebar bahwa tanaman perkebunan pun (saya lama banget di perkebunan) seperti Sawit, Cacao atau pun Karet tak akan berproduksi baik jika tak dipupuk pupuk makro NPK.

Makanya saya selalu bilang ini pupuk perangsang buah bukan booster bro, supaya tidak ada anggapan miring yang seakan2 kita memaksa banget tanaman lengkeng berbuah. Dan itu akan membuat PETANI LENGKENG malas memakainya karena banyak pengalaman sedih atas pemakaian booster pada durian dan mangga. INI PUPUK!!! Ini hanya pupuk lengkeng, kenapa memakai pupuk jadi masalah???? Menggunakan pupuk perangsang buah supaya tanaman berbuah kok jadi MASALAH. Heloo......ini keajaiban, bung! Sadari itu!!!

Menyadari hal ini membuat Anda terispirasi untuk lebih BANYAK BERBUAT, daripada menghujat! Miris bila kita inget bahwa negara kita yang subur makmur ini kok NGGAK MALU masih saja MENGIMPOR buah lengkeng dari negara Gajah Putih dengan JUMLAH YANG FANTASTIS: ratusan ribu ton tiap tahunnya. SUNGGUH TERLALU!!!!


Continue Reading...

Saturday, 22 September 2018

TONJOKKAN!! BIBIT LENGKENG KRISTAL 2 SEBAGAI LENGKENG HYBRID

No comments:

Rasanya saya sudah pada tahapan bosan banget menjawab pertanyaan mendasar pembeli bibit-bibit lengkeng seperti ini: apakah bibit lengkeng Kristal 2 bisa ditanam di dataran rendah? Aduhhh...jawabannya jelas bisa banget. Apalagi ini adalah bibit lengkeng hybrid yang merupakan keberhasilan dari penggabungan lengkeng2 top dataran tinggi seperti lengkeng Itoh kala itu dan lengkeng2 dataran rendah yang manis kayak Kristalin, yang besar kayak Pinpong atau yang kuat kayak Puangray. Penggabungan dahsyat ini membuat tanaman lengkeng tahan terhadap cuaca panas ekstrim saat kemarau di dataran rendah. Prestasi yang mencengangkan, saat saya melihat bibit lengkeng kristal 2 yang baru 1 tahun tanam bisa mendeles menghadapi panas panjang tahun ini......keren!!
Pernah juga saya diceritain oleh orang yang pernah melihat hasil uji DNA lengkeng Kristal 2 yang mampu menunjukkan betapa banyaknya varietas lengkeng unggul pilihan yang digabungkan! Bahkan sepertinya lengkeng2 kesohor dari negeri2 lengkeng semacam Taiwan, Malaysia, Vietnam dan China pun ikut dimasukkan ke situ. Woww....TOP pokoknya!
Jadi jangan ragu lagi untuk menjadikan lengkeng Kristal 2 sebagai harapan besar para pekebun untuk bisa swasembada lengkeng, dan bisa melihat secepatnya departemen Pertanian kita menutup kran impor lengkeng. Ahh.... kalau itu terjadi...betapa bangganya kita!!
Continue Reading...

Tuesday, 14 August 2018

KUNCI PRODUKSI LENGKENG JUSTRU DI SAAT KEMARAU | Jual BIBIT KELENGKENG MURAH

No comments:
Awas musim kemarau masih terus memanas.......jaga bibit atau tanaman lengkeng Anda dari kekeringan.....kalo malas menyiram tiap hari, ya mesti pakai sistem tetes.......seperti sistem tetes tradisional ini......

Jangan bayangkan sistem tetes yang menggunakan bermacam-macam tool yang bikin kita pusing dan keluar uang banyak, bahkan perlu orang yang menjaga juga.....hehhhe (dari maling dan kerusakan).
Ini hanya perlu alat tradisional sederhana yang perlu Anda lubangin kecil...agar terus menerus keluar air akibat gaya grafitasi. Mudahkan? Atau masih berat mesti keluar uang walau sedikit? Ya udah pakai botol bekas air minum aqua yang 1 literan, bisa kan?

Tapi maaf, dulu saya sempat diprotes gara-gara nyaranin penyiraman gaya kuno ini ke tanaman lengkeng kita yang udah dewasa. Menurut mereka, tanpa penyiraman pohon lengkeng itu kuat dan bandel. Ngapain mesti disiram!!!
Nah, ini lah bedanya orang sukses dan tidak....hehhe maap. Maksudnya penyiraman di saat kemarau adalah kunci produksi lengkeng yang melimpah ruah seperti yang sering Anda lihat di video video saya (di channel YouTube Bibit Buah Impian . com) atau di foto-foto saya. Mereka tumbuh subur di saat tanaman sedang banyak tunasnya akibat luapan sinar matahari gratis. Sedang yang tidak disiram, apalagi di daerah gersang....mereka memilih jadi dorman (istirahat), mereka layaknya tentara yang sedang bertahan dari gempuran!Jelas yang disiram akan punya batang pokok yang mBodi, yang mampu menahan mreyotnya buah lengkeng Kristal 2 yang super itu!

Makanya ayo siram bibit and tanaman lengkeng Anda!!!!
Continue Reading...

Saturday, 17 March 2018

MUNCULNYA BIBIT LENGKENG VERNIE SEBAGAI LENGKENG MASA DEPAN

No comments:



Sebetulnya sudah dari dulu bibit lengkeng Vernie digadang-gadang akan jadi mascot perkelengkengan kita.....namun akibat lompatan yang lebih dulu dilakukan lengkeng Kristal 2 maka pamor lengkeng Virnie pun makin lama makin surut. Bahkan bibit lengkeng Vernie tenggelam diantara gegap gempita sambutan atas keberhasilan berturut-turut lengkeng Kristal 2 di mana mana.

Tak aneh bila banyak pihak tak melirik lengkeng yang satu ini. Padahal dompolan lengkeng Vernie tak kalah dari dompolan lengkeng Kristal 2 yang nyampai 5 Kg itu. Apalagi dompolannya sangat rapat seperti buah anggur (Vitis Vinivera), sehingga disebut Virnie.

Yang mengagetkan lagi bijinya begitu kecil (hampir tanpa biji)!!! Sehingga daging buahnya pun begitu tebel banget, kering......dengan rasa manisnya yang manis nyes bak gula. Kerennya!! Diameter buah lengkeng virnie lebih besar. Ini jelas luar biasa.....TERNYATA ada yang bisa mengalahkan kualitas lengkeng Kristal yang saya anggap hampir sempurna itu. Bravo!!!!

Tapi maaf......kami masih perlu waktu 1-2 tahun lagi untuk memonitor apakah produktivitasnya selalu konstan baik kuantitas maupun kualitasnya tiap kali panen! Sabarrrr ya!!!! TONTON VIDEONYA DULU AJA:









Continue Reading...

LENGKENG KRISTAL 2 TAK TERTANDING | Sedia BIBIT KELENGKENG ITOH SUPER

5 comments:


Nggak percaya? Tonton segera video hebohnya ini!

Betapa bibit-bibit lengkeng Kristal 2 langsung menyudutkan bibit lengkeng-lengkeng dataran rendah jadul yang sudah mengecewakan kita seperti lengkeng Pinpong, Diamond River, Kristalin, Aroma Durian jauh ke pojok tak berdaya. Bahkan lengkeng Itoh serie terakhir (Itoh serie 8). Produktivitas Lengkeng Kristal 2 memang bikin geleng-geleng kepala, bayangkan aja....kuantitas buah perdompolnya yang bisa mencapai 5 Kg itu bener-bener fantastis! Tak tertandingi. Didukung pula oleh kualitas buahnya yang ngedap2i: rasa manisnya yang pull 24 briks, trus bijinya yang mengecil dengan daging buahnya yang begitu tebeel dan kering. Wuiihh....bikin para pembeli yang langsung makan nikmat buahnya itu nggak mau berhenti2...terus dan terus!!!! Pokoknya laris...laris...lariiiss!!!!



Keputusan yang cepet dan tepat adalah keputusan yang sudah dipertimbangkan atau dibandingkan dengan pilihan yang lain....dan sekarang kita bisa membandingkan dengan lengkeng Itoh seri 8 yang membuat Anda yakin bahwa lengkeng Kristal 2 itu memang bener2 super!!!










Continue Reading...